Idea

” Ditunggu Inisiatif & Kreativitas Pemda Purworejo?”

Oleh: Dibyo Sumantri Priambodo.

 

Tidak lama lagi Bandara Yogyakarta International Airport akan dioperasikan. PT Angkasa Pura 1 Persero telah memulai rangkaian simulasi pra-pengoperasian.

Selain Kabupaten Kulon Progo, tentu Kabupaten tetangga juga perlu mempersiapkan berbagai sarana dan prasarana di wilayah masing-masing.

Kabupaten Purworejo adalah salah satu wilayah strategis yang perlu mendapat perhatian. Selain jaraknya tidak jauh dari Bandara NYIA, di Purworejo juga telah dibangun obyek wisata eksklusif yaitu Glamping d’Loano di Kecamatan Loano.

Tinggal kini bagaimana inisiatif dan kreativitas Pemda untuk membuat wilayahnya semarak sekaligus meningkatkan kesejahteraan warganya.

******

Beberapa wilayah lain sudah banyak yang tergerak sebagai kota wisata, sehingga masyarakat terlatih untuk profesional, ramah, naluri melayani serta sikap wirausaha.

Sekedar gambaran, Korea Selatan yang sesungguhnya bukan negeri subur, kemudian harus selalu waspada terhadap ancaman tetangganya yaitu Korea Utara.

Tetapi kenyataannya saat ini Korea menjadi negara industri yang patut diperhitungkan dunia. Dengan semboyan “Resources are limited but creativity is unlimited”. Ternyata telah melahirkam sumberdaya manusia yang handal.

Kalau kita memasuki daerah industri, di Seoul atau Pohang misalnya. Maka akan terlihat pabrik yang bersih dan tidak terlihat manusia yang lalu lalang, apalagi sambil merokok. Semuanya ada ditempat kerja dengan kreasi masing-masing.

*****

 

Kembali ke laptop. Bagaimanakah dengan wilayah “Bagelen”, dengan tanah yang subur makmur serta banyak obyek wisatanya? Apakah sudah ada rencana pembangunan jangka panjang?

Pada hakikatnya konsep membangun wilayah harus integral dengan berbagai disiplin ilmu. Mulai dari tata kota, industrialisasi, obyek wisata, sampai dengan keberagaman budaya.

Sejauh ini pembangunan industri di wilayah Purworejo cenderung tertinggal bila dibandingkan beberapa kabupaten lain. Padahal sesungguhnya keberadaan industri bisa mengantisipasi arus urbanisasi warga usia produktif dari desa ke ibukota.

Selain ini warga juga akan terlatih berkompetisi dalam meningkatkan derajad serta kesejahteraannya. Bukankah melalui industrialisasi  juga akan lahir wirausaha lokal seperti halnya warung, “travel agent”, usaha kuliner sampai dengan pernak-pernik kenangan?

Maka kini saatnya masyarakat Purworejo bangkit dengan panduan dari Pemerintah Daerah. Tanpa inisiatif dan kreativitas para pengampu kewenangan, maka warga akan kesulitan untuk mengejar ketertinggalannya.

Ayoo bangkit sahabat..! Raih kesuksesan yang ada dihadapanmu…..

#OmahGagasAkhirApril2019
#UsaiBerdebatDiPohangSteelIndustry.