Community

Gundala, Wadah Keluarga Besar Alumni SMK PN & PN 2 ( 1)

PN yang Fenomenal & Legendaris
Membincangkan sebuah institusi pendidikan terutama dengan wadah paguyuban alumninya selalu seru. Sebuah institusi pendidikan, baik di kelas menengah atau perguruan tinggi dengan semakin tua dan membumi nya sebuah institusi pendidikan itu,  ditunjang dengan relasi dan manajemen almamater yang baik akan mendongkrak daripada nama besar dan kualitas institusi tersebut.


Tak terkecuali dengan SMK Pembaharuan atau SMK PN Purworejo. SMK swasta yang legendaris dan terbesar bangunan gedung dan jumlah muridnya di Kedu Selatan untuk kategori sekolah kejuruan swasta ini menyimpan sejarah yang panjang baik dari sejarah berdirinya, riwayat perjalanan sekolah serta dari paguyuban alumninya.

Berdiri di tanggal 10 November 1968, berawal dari nama STM Kosgoro, dan beberapa kali mengalami pergantian nama yakni menjadi STM Pembangunan Negara (PN) dan mulai 1982 paten menjadi SMK Pembaharuan ( PN). Singkatan tetap PN. Tahun 1994 berdirilah SMK PN 2 karena antusias masyarakat Purworejo dan sekitarnya dan jumlah jurusan baru yang di buka.

Kini mempunyai 54 kelas dengan tujuh buah bidang kejuruan dan spesial dua buah kelas budaya industri kerjasma dengan Toyota dan Chemco. Murid berjumlah sekitar 1500 per 2019.

Di tahun kemarin, SMK PN & PN 2 baru saja mengadakan ulang tahun emas dan perak dengan menghelat acara besar bertajuk Grebeg Ageng yang di hadiri oleh segenap murid, alumni, pamong dan pendukung dari acara ini seperti anggota DPR RI, Ir. Bambang Sutrisno, Denti Eka Pratiwi, Drs. Arie Edy Prasetyo, MBA pembina Yayasan Pembaharuan dan tamu lainnya.

Gundala adalah Nama Kami
Gundala adalah nama yang familiar. Tokoh komik ciptaan Hasmi, tentu dengan tagline.Gundala: “ Sang Putra Petir.”, yang tercipta di tahun 1969 di Kota Yogyakarta. Kini di tahun 2019 komik legendaris ini sudah difilm layar lebarkan untuk lebih dapat “menjangkau” dan di nikmati generasi milenial.


Pun dengan Gundala nya SMK PN dan PN 2 ini. Gundala ialah singkatan dari Paguyuban Dari Alumni dan Almamater. Menaungi semua alumni dari SMK PN dan PN 2. Nama Gundala dicetuskan oleh Drs. Arie Edy Prasetyo, MBA yang saat itu memenuhi undangan beberapa alumni SMK PN yang mengadakan kumpul bersama, dan buka bersama di bilangan Bulak Kapal, Kota Bekasi-Jawa Barat, tepatnya tanggal 4 Agustus 2012.

Selang dua bulan kemudian yakni di tanggal 7 Oktober 2012 dalam acara buka bersama dan temu kangen alumni disepakati nama Gundala ini untuk seluruh alumni dan keluarga besar dari SMK PN dan PN 2 Purworejo. Sekaligus juga pembentukan formatur awal organisasi Gundala, alamat basecamp Gundala Jabotabek berada di Perum Trias: Jln Alpukat 4, Blok A 14, No 1 Wanasari Cibitung- Bekasi.

Acara peresmian dan pembentukan Gundala Jabotabek yang dihadiri sekitar 350 alumni SMK PN dan PN 2 di Jabotabek ini tak sekedar seremoni dan berhenti hanya di sini. Dilanjut dengan para Gundalaners, penggagas awal dengan lanjut sosialisasi dan silaturahmi ke Gundala Kota Bandung di tanggal 9 September 2012 atau sebulan sebelum acara peresmian Gundala.

Di tanggal 10 November 2012, para Gundala Jabotabek yang tersebar dan ada waktu sudah bisa ikut pulang untuk merayakan ulang tahun SMK PN yang ke 44 tahun. Dan lepas dari itu sampai kini, dengan dinamika yang khas dari sebuah organisasi. Sama dengan Gundala mengalami masa pasang surut, tentu dengan suport dari sekolah, para alumni dan tekad kuat keluarga besar SMK PN & PN 2 semua yang merasa memiliki keterikatan emosi dengan kampus akan membuat semakin kokoh dan solid paguyuban ini.

Tantangan Ke Depan & Kini
Belum terlupakan, dalam upaya merajut dan menguatkan emosional antara sekolah dengan alumni, beberapa kegiatan baik yang di inisiasi oleh kedua belah pihak sudah dilakukan dan akan terus di lakukan tentu dengan penyempurnaan-penyempurnaan yang bertahap.

Beberapa kegiatan itu seperti Grebeg Ageng SMK PN 50 Tahun & SMK PN 2 24 di tahun 2018, dan di tanggal 10 November hari lahirnya SMK PN & PN 2 ada Napak Tilas Pejuang dan Pendiri PN. Ini semua tentu tak lain untuk “ menguatkan akar”, jas merah, jangan melupakan sejarah dan memupuk kebanggaan diantara keluarga besar PN se Indonesia.

Gundala Jabotabek juga baru saja mengadakan kembali Anniversary SMK PN ke 51 Tahun dan 25 Tahun untuk SMK PN 2 Purworejo yang bertempat di Taman Melati, TMII Jakarta Timur. Tepat tanggal 10 November 2019, yang diadakan secara kekeluargaan dan guna mempererat silaturahmi.


Gundala adalah PN. Dalam Gundala bisa merajut silaturahim dan “ ngumpulke balung pisah”. Gundala membawa salam yang erat dan tekad yang kuat dalam wujud salam satu hati baik di udara maupun di darat. Segenap Gundala di Jabotabek, dengan ikhtiar baik, mimpi besar bisa membawa kebermanfaatan dan membanggakan baik untuk diri sendiri, keluarga dan nama baik PN. Tentu Purworejo ikut terangkat. Dalam Gundala yang saling asah, asih asuh bisa membawa kemaslahatan yang lebih besar.

Yang tua merangkul yang muda. Yang mapan bisa membantu memberi solusi kepada Gundala yang membutuhkan. Memberikan akses pendidikan, pekerjaan ataupun bisnis dan gerakan bersama untuk sosial serta kembali ke kampus PN untuk menggelorakan kejayaan PN yang menjadi cita-cita bersama segenap keluarga besar dan para pendiri PN Purworejo. (ie)