Idea

Menanti Midas di Pilkada Purworejo 2020

Oleh: Budi Wasono

Midas adalah salah satu dewa dalam mitologi Yunani. Konon salah satu kesaktiannya adalah apapun yang dia sentuh akan berubah menjadi emas.

Tentu di Pilkada Purworejo yang akan digelar tahun 2020 kita berharap bisa mendapatkan seorang Bupati yang bagaikan Midas bisa merubah semua potensi yang ada menjadi emas ( keuntungan).

Beberapa waktu yang lalu kita tersentak oleh sebuah berita yang viral, dimana tingkat kemiskinan di Kabupaten Purworejo begitu tinggi. Dari berita yang beredar tercatat masih ada 51 desa berkategori miskin dan 4 kelurahan miskin.

Tentu berita ini merupakan pekerjaan rumah yang harus segera ditangani, bagaimana menurunkan angka kemiskinan yang ada.

Purworejo dengan posisi geografis sebetulnya berada di lokasi yang strategis, terlewati oleh jalur Cilacap-Jogjakarta atau Cilacap–Semarang, dimana jalur ini merupakan jalur pertumbuhan ekonomi di wilayah pesisir selatan Jawa Tengah.

Apalagi dengan dibangunnya Bandara baru Jogjakarta di Kulonprogo, Badan Otorita Borobudur-Loano dan Bendungan Guntur di Bener tentu semua ini adalah potensi yang harus di manfaatkan secara optimal agar bisa memberikan manfaat bagi Purworejo.

Diperlukan seorang nahkoda yang seperti Midas, semua potensi yang dimiliki Purworejo perlu diberdayakan dan di manfaatkan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kita membutuhkan seorang kepala daerah yang mempunya visi yang kuat kemana Purworejo akan dibawa, sekaligus memiliki kemampuan manajerial untuk mewujudkan visi tersebut.

Karena sistem pemilihan kepala daerah harus melalui satu mekanisme dimana calon kepala daerah harus diusung oleh partai politik disamping bila ada kandidat yang melalui jalur independen tentu para elit partai politik harus cermat dalam proses pencalonannya.

Disamping faktor elektabilitas yang tinggi, kita berharap para elite partai politik mampu menemukan figur kandidat kepala daerah yang akan di usung benar-benar memiliki komitmen dan integritas yang kuat dalam memimpin Purworejo selama periode kepemimpinannya.

Untuk mengejar berbagai ketinggalan sekaligus mengatasi berbagai persoalan yang ada, kita berharap datangnya seorang Midas.

Mari kita tunggu dan kita kawal proses Pilkada Purworejo 2020 mendatang bisa berjalan dengan baik .

image: artstation

About the author

pronect

2 Comments

Click here to post a comment