Activity

Merawat Ingatan: Sosok Komposer Indonesia Raya Oleh Srabud Nusantara

Oleh: Alwin Kamal ( Srawung Budaya Jogjakarta)

Pencetus Komunitas Srawung Budaya Nusantara yang berbasecamp di Purworejo Jawa Tengah, Catur Asmaragama salah seorang karyawan honorer di salah satu sekolah di Kabupaten Purworejo mengajak masyarakat mengenang jasa pahlawan, yakni Sang Komposer Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, WR Soepratman.

Dijumpai di rumahnya, Catur turut mengucapkan selamat di ulang tahun hari lahir Sang Komposer WR Soepratman yang jatuh pada hari Selasa, 19 Maret 2019, sekaligus mengajak seluruh daerah mulai dari provinsi, kabupaten, kota, kecamatan, kelurahan, desa serta individu, organisasi maupun instansi mana pun untuk mengheningkan cipta sejenak, berdoa untuk Sang Komposer pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya tersebut.

“Saudaraku sebangsa dan setanah air. Mari kita sisihkan waktu kita bersama di hari Selasa tanggal 19 maret 2019 untuk doa bersama di lokasi maupun rumah masing-masing pada pukul 10.00 WIB.”

Semangat WR Soepratman menciptakan lagu kebangsaan Indonesia Raya tanpa mengenal perbedaan, menyatukan segala perbedaan dengan dareh untuk menjadi satu kesatuan kokoh.

Ia bersyukur, sampai sekarang di mana pun kita berada, di setiap pelosok wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, masih terdengar dengan merdu di setiap hari Senin Lagu Kebangsaan Indonesia Indonesia Raya. Pun demikian, di beberapa aktivitas lain, komposisi lagu sebanyak tiga stanza itu dimainkan.

Sebagai tambahan, Srawung Budaya Nusantara, atau Srabud ialah gerakan diskusi budaya dan pengejawantahan nya dalam bentuk diskusi dan festival. Beberapa inisiasi daripada anggota dan saudara-saudara Srabud semisal Festival WR Supratman awal, Reresik Sumur Pitu, Kongres Mahasiswa Purworejo & Jawa Tengah di Jogjakarta ataupun diskusi mingguan & jelajah potensi wisata sejarah, alam dan spiritual.