Community

Muda Ganesha Asset Kabupaten Purworejo

Oleh: Budi Wasono

Paguyuban Muda Ganesha sebagai organisasi alumni SMA N 1 Purworejo juga mempunyai cerita yang panjang dan beragam upaya yang harus dilewati dalam proses pembentukannya.

Berawal dari undangan Lustrum SMA N 1 Purworejo tahun 1990 dimana saat itu kepala sekolah dijabat oleh Bapak Istadie Atmo. Mas Pranoto Yuwono (MG 65) dan beberapa rekan yang lain diminta oleh sekolah agar para alumni berkenan untuk berpartisipasi dalam pembangunan aula sekolah. Dimana saat itu sekolah sangat membutuhkan keberadaan aula tersebut guna menunjang kegiatan sekolah.


Dari momentum inilah semangat untuk membentuk organisasi alumni SMA N 1 Purworejo mulai bergulir dan akhirnya terbentuk Paguyuban Alumni SMA N 1 Purworejo se Jabodetabek dan Mas Pranoto Yuwono ( MG 65 ) ditunjuk sebagai Ketua.

Dengan terbentuknya organisasi alumni SMA N 1 Purworejo se Jabodetabek ini menginspirasi dan memotivasi para alumni di kota-kota lain untuk membentuk satu paguyuban alumni. Dan pada saat digelar forum Rembug Guyub Alumni I Tahun 2000 di Purworejo disepakati berdirinya Paguyuban Alumni dengan nama Muda Ganesha.

Mengapa dipilih nama Muda Ganesha sebagai nama organisasi atau paguyuban alumni SMA N 1 Purworejo?

Tentu hal ini tidak bisa dilepaskan dari sejarah berdirinya SMA N 1 Purworejo, dimana awal berdirinya sekolah ini diprakarsai, digagas oleh para pemuda yang aktif di Tentara Pelajar.


Dimana lambang Tentara Pelajar juga menggunakan Ganesha (Dewa Ilmu Pengetahuan) dan SMA N 1 Purworejo lambangnya juga menggunakan Ganesha.

Menurut dongeng atau cerita aktivis MG senior pada saat penentuan nama organisasi atau paguyuban alumni juga muncul beberapa nama, misalnya Alumni Smansa, namun penggunaan nama Smansa juga sudah dipakai oleh beberapa alumni sekolah lain. Karena faktor sejarah itulah maka disepakati nama Muda Ganesha.

Ada beberapa rekan yang bertanya bukankah lambang Ganesha sudah lebih dulu dipakai oleh satu perguruan tinggi di Indonesia?

Sebetulnya kalau diamati dan dicermati Ganesha nya MG, SMA N 1 Purworejo dan Ganesha yang digunakan salah satu perguruan tinggi itu sangat berbeda. Sehingga ada satu ungkapan kalau Ganesha nya MG itu Ganesha yang masih muda, sedangkan Ganesha yang dipergunakan perguruan tinggi itu Ganesha yang sudah tua.

Sampai saat ini Paguyuban Muda Ganesha, sebagai sebuah organisasi sudah memiliki AD/ART yang sudah di daftarkan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Selain sudah memiliki lambang dan AD/ART paguyuban juga sudah punya lagu Mars Muda Ganesha yang digubah oleh Mas Sigit Mulyono ( MG 65 ). Bagi yang membutuhkan lagu Mars Muda Ganesha ini bisa kita unduh dari web Muda Ganesha atau hubungi saya.

 

photo: Budi Wasono, Sylvia Asih, Hari Saksono Arifin